Sunday, December 15, 2013

Lantai Kayu Solid | Parket Solid | Solid Flooring

 Lantai Kayu Solid atau Parket Solid atau bahasa luar Solid Flooring adalah Bahan penutup lantai yang terbuat dari kayu asli, bukan lapisan seperti triplek, buka bukan MDF. Juga bukan sejenis Laminating.
Lantai Kayu Solid Bahannya bisa dari kayu jati, Mahoni, Merbau, Kruing, Bengkirai, Kelapa, Bamboo, Sonokeling, Ulin, Oak, dan sebagainya.
Keunggulan dari Lantai Kayu Solid ini adalah dari tingkat ketahanannya, memiliki kandungan senyawa tektik uinon yang datang dari alam, jadi tingkat kekebalan pada rayap amat baik, terutama untuk kelas kayu jati, merbau, Ulin dan Sonokeling, bisa tahan hingga puluhan tahun, bahkan hingga ratusan tahun. seperti terlihat pada rumah2 belanda yang sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu, dan sampai sekarang masih berdiri kokoh, dari bagian rumah belanda itu yang menakjubkan adalah dari bagian penggunaan kayunya seperti pada kusen dan pintu yang sampai sekarang masih tetap padat dan kokoh, atau bantalan kereta api.

 Keunggulan lain dari Lantai Kayu Solid yaitu bisa di refinish atau difinishing ulang lagi hingga berkali-kali, jadi bila lantai kayu telah kusam dapat di refinish lagi, dan akan kelihatan seperti baru lagi.
Kekurangannya yakni, sistem pemasangan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dari jenis Parket Laminate, warna cenderung tidak rata karena asli dari Alam. Tapi justru itulah kelebihannya yang membuat orang lebih suka memilih Lantai Kayu Solid, yaitu terlihat lebih alami.

 Laminate Flooring 
 Laminating Flooring adalah Bahan buat lantai yang terbuat dari serbuk kayu dibikin papan dengan cara di press menjadi HDF sejenis MDF (HDF= High Density Fiber).
Selanjutnya satu diantara permukaannya di lapisi dengan plastik bermotif kayu dengan cara di Printing dan difinishing dengan cara dilaminasi. Jadi type Laminating ini bukan kayu asli, namun kayu tiruan. Keunggulan dari parquet laminate yaitu dalam sistem pemasangannya tidak membutuhkan waktu yang lama, warna secara keseluruhan cenderung lebih rata, karna hasil dari rekayasa pabrik, Tetapi jangan sampai takut, meskipun hasil rekayasa, tapi sesudah terpasang benar2 serupa kayu asli, susunan atas buat kelas AC4 ke atas telah tahan gores dengan IP rata2 9900. jadi saat kita menarik barang atau furniture di atasnya tak kan berbekas. Kekurangannya parquet laminate cuma sekali gunakan. Jadi jika ada salah satu papan yang rusak atau mengembang karena muai dari parquet laminate ini, maka memperbaikinya harus dibonkar dan diganti dengan yanga baru.

 Pilihan kembali di tangan anda, anda ingin tentukan yang mana.... sesuai dengan keperluan masing-masing.



0 comments:

Post a Comment